Selasa, 20 September 2016

INI RAHASIANYA…..! MENGAPA SAAT BERSIN KITA HARUS BERSYUKUR “ALHAMDULILLAH”



INI RAHASIANYA…..! MENGAPA SAAT BERSIN KITA HARUS BERSYUKUR “ALHAMDULILLAH”
Tulisan saya saat ini adalah tema Bersin dan Bersyukur. Sebelumnya kita harus membahas tuntas tentang Mekanisme Terjadinya BERSIN. Haaaccciiiimmm…
Semua orang pasti pernah mengalami yang namanya Bersin. Sepele sih, sampai kadang kita lupa mempertanyakan  fungsi / manfaat bersin itu sendiri dan bagaimana cara kerjanya pada tubuh kita. Itu yang sempat menjadi bahan pikir saya untuk mengaitkan ilmu kesehatan dan agama. Subhanallah, luar biasa sekali…
Sebelumnya mari kita kenalan sama “bersin”. “Bersin” adalah keluarnya udara semi otonom yang terjadi dengan keras lewat hidung dan mulut. Disebut udara semi otonom kemungkinan karena udara tersebut minta untuk dikeluarkan dari hidung tanpa bisa kita kendalikan, tapi kita masih bisa mengontrol untuk mengeluarkannya atau tidak. Secara ilmiah bersin bisa dijelaskan sebagai aliran udara yang hebat dan kencang melalui hidung dan mulut.
Langsung saja ya ke mekanisme terjadinya BERSIN. Yaaapz… Hidung adalah alat pernapasan yang bersentuhan langsung dengan udara luar. Hidung dibekali sistem penolakan terhadap benda-benda yang dapat mengancam tubuh. Ketika membran hidung mendeteksi adanya suatu bahan iritan, alergen, bakteri atau virus dalam udara yang dihirup, maka udara tersebut akan dikeluarkan kembali oleh hidung. Inilah yang sebut sebagai “bersin”.
Ketika kita bersin, tubuh kita sebanarnya sedang memberikan respon pada kuman dan bakteri, termasuk juga cairan yang masuk ke dalam tubuh dengan melalu udara kencang yang keluar dari hidung dan mulut. Maka secara otomatis tubuh akan menolak bakteri, kuman atau cairan tersebut. Bersin terjadi karena tubuh kita memberikan respon pada rangsangan yang kita hirup oleh indera penciuman kita, seperti misalkan ketika kita mencium bau yang sangat menyengat seperti salah satu contoh yaitu bubuk cabai, atau bahkan mungkin karena debu yang ada di sekitar kita.
Berdasarkan penelitan para ahli, kecepatan bersin yang dilakukan oleh manusia maksimal bisa mencapai 160km/ jam. Nah, dengan kecepatan seperti itu maka ketika tubuh kita menahan bersin tubuh pun harus mengatasi setiap perubahan yang terjadi karena adanya tekanan udara yang kuat dari bersin, yang mana tekanan udara tersebut masuk kembali ke dalam saluran pernapasan di dalam tubuh.  Dan bisa anda bayangkan sendiri, ketika kecepatan semaksimal itu terbalik kembali ke saluran pernapasan tentunya akan menyebabkan organ tubuh yang berhubungan dengan fungsi bersin akan mengalami gangguan. Bahkan tekanan yang kembali ke saluran pernapasan pun akan menyebabkan gendang telinga kita rusak. Ketika bersin di tahan, maka akan memaksa bakteri atau kuman masuk kembali ke dalam rongga hidung dan kanal telinga, dimana hal terebut bisa menyebabkan infeksi. Apabila infeksi yang terjadi pada gendang telinga semakin parah, kemungkinan yang akan terjadi yaitu fungsi pendengaran akan hilang. Tidak hanya itu resiko pecah pembuluh nadi di kepala dan leher pun mungkin akan terjadi.
Bersin sebenarnya memiliki fungsi untuk menjaga hidung tetap dalam keadaan bersih. Oleh sebab itulah, saat anda ingin bersin maka jangan sekali-kali untuk ditahan. sebab klo di tahan kotoran akan tertahan di bagian membrane hidung dan akibatnya akan terjadi penumpukan UPIL, selain itu dapat menyebabkan Batuk, kalo sudah batuk terkadang orang bisa Sesak loh, loooh kok bisa???? Yaaa… hidung merupakan salah satu organ dari sistem pernafasan. Hidung, Kerongkongan Lalu Paru – Paru..
Maka dari itu secara Agama kita wajib bersyukur ketika kita mengalami bersin dengan berucap HAMDALAH “ALHAMDULILLAH”… Sebab Allah Lebih Tau dari yang manusia ketahui..  bahkan ada do’a setelah bersin dan orang yang mendengar bersin. Yaitu sebagai berikut :
Do’a Saat Bersin
AL-HAMDU LILLAAHI
Artinya  “Segala Puji Bagi Allah”
Do’a Orang Yang Mendengarkan Bersin
YARHAMUKALLOOHU YAHDIIKUMUL LOOHU WA YASLIHU BALAKUM
Artinya “Semoga Allah memberi rahmat kepadamu semoga Allah memberi petunjuk kepadamu dan membaguskan keadaanmu”

Demikian tulisan saya pagi ini, semoga bermanfaat. Amiiinnn..


Risky Writer
21 September 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar